Jumat, 26 Agustus 2011

Menambahkan Font pada Blakcberry

Berikut langkah2nya :

1. Instal File Manager Pro
Bisa juga instal aplikasi lain yang sejenis. Intinya, diperlukan aplikasi 3rd party untuk membuka file yang disembunyikan (hidden file) pada device juga untuk meng-extract file ZIP (mengingat kebanyakan font yang di-download dari website dikemas dlm format ZIP). Namun anda tdk perlu meng-extract file apabila font yang ada, tdk dikemas dlm format ZIP yakni sdh dlm format ttf.
Setelah selesai instalasi, lakukan restart lalu buka app tsb. Tekan Menu Key (tombol dengan logo BB) pilih Options. Pada field 'Show Hidden' pilih Yes. Tekan Menu Key, pilih Save kemudian tutup app.

2. Download Font
Download jenis font/tipe huruf yg anda pilih di web langsung dari handheld. Beberapa link utk download font : http://www.1001freefonts.com/http://www.fontstock.net/http://www.free-fonts.com/http://www.abstractfonts.com/pop_charts/toprated http://www.fontspace.com/
Untuk mudahnya berikut link free font yang dapat langsung di-download dalam format ttf (bukan file ZIP sehingga tidak perlu meng-extract) : http://www.webpagepublicity.com/free-fonts.html
Saran : Pilih font yang dapat dilihat dengan jelas & sesuai dgn ukuran default BB (ukuran default Font Size : 8). Tentunya hal ini dpt anda lakukan setelah menyelesaikan langkah 1-5. Contoh jenis font yang sesuai ukuran default BB : Level Right, Lithe ExtraBold, Larabiefont Bold...
Catatan : Perhatikan ukuran file yg di-download.Semakin kecil ukurannya (< 100 KB), semakin baik. Tidak semua jenis font dapat digunakan pada bb.

3. Membikin Folder baru
Masuk File Manager Pro, masuk ke Device Memory > appdata > rim > akan tampak 2 folder yaitu bda dan media. Sampai di sini, bikin folder baru dgn cara tekan Menu Key, pilih New Folder. Ketik nama folder : fonts lalu OK.
Catatan : Jangan sampai salah ketik ketika membuat nama folder.

4. Copy & Rename Font
Temukan & copy font pilihan yg telah anda download, ke folder yg baru anda bikin (yakni folder degann nama : fonts). Selanjutnya, lakukan Rename atau merubah nama dgn cara tekan Menu Key, pilih Rename.
Contoh : nama font yg anda download adalah Typo.ttf Ubah nama tsb menjadi : Typo.font
Setelah selesai, tutup App File Manager Pro.
Lakukan Soft Reset atau Hard Reset / Cabut Batere.

5. Mengganti jenis font
Setelah hh dalam keadaan standby, masuk Options, pilih Screen/Keyboard. Pada Font Family, pilih nama font pilihan anda lalu tekan Menu Key, pilih Save.
Font Type BB akan berubah sesuai degan font yang telah dipilih.
Lakukan Restart/Soft Reset

6. Membuang font pilihan
Font yang anda pilih, bisa saja tampak kurang memuaskan setelah diterapkan dlm Handheld. Anda bisa membuang font tsb. Namun sebelumnya, anda harus mengganti font yang sdg digunakan, dgn jenis font yang lain. Setlh selesai mengganti jenis font, lakukan Restart/Soft Reset kemudian delete font yang ada pada folder fonts.

Catatan :
  • Hati2 pada saat anda membuka Hidden File. Jgn smp terjadi kesalahan spt menghapus file/folder asli dll.
  • Tidak disarankan membuang font asli dari BB dgn alasan apapun.
  • Tidak disarankan menyimpan byk font pilihan, mengingat memory yang digunakan adalah Phone Memory.
  • Cara ini sdh diterapkan & berhasil pada Official OS BB tipe 8520, 9300, 9700, 9780, 9800. Seharusnya dpt diterapkan pada BB tipe lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar